Jumat, 26 Februari 2016

sistem pendinginan air pada mobil

 Pengertian Cooling System ( Sistem pendingin pada Kendaraan ) - Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga temperatur panas engine / mesin agar tetap setabil dan suapaya tidak terjadi over heating ( panas berlebihan )


Bgian - Bagian Radiator :
  1. Tutup cap radiator untuk menutupi cap radiator
  2. Upper tank untuk menampung air radiator dari mesin yang suhunya panas 
  3. Core berfungsi sebagai saluran air radiator dari  upper tank menuju lower tank
  4. Lower tank berfungsi sebagai penampung air radiator yang sudah didinginkan oleh blower/kipas kemudian akan dihisap waterpam yang akan dialirkan menuju mesin
Colling System atau sistem pendingi terbagi menjadi dua, diantaranya sistem pendingin air dan sistem pendingin udara. Keduanya berfungsi untuk mendinginkan atau menjaga seluruh temperatur engine / mesin.
Bagian Dari Cooling Sistem :
  1. Radiator, berfungsi sebagai tempat penampungan air pendingin
  2. Water pam, berfungsi untuk menghisap air radiator dari lower tank menuju engine yang bertujuan untuk mersirkulasikan air pendingin
  3. Termostat, berfungsi untuk menutup saluran air dari mesin menuju radiator, yang bertujuan untuk mempercepat tercapainya temperatur / suhu kerja mesin pada saat mesin masih dalam keadaan dingin. Dan berfungsi untuk membuka saluran keluar air dari mesin menuju radiator ang dipengaruhi oleh suhu / temperatur air untuk menjaga suhu temperatur kerja mesin
  4. Vent belt, berfungsi sebagai penghubung pully crank shaft dengan pully kipas radiator
  5. Selang Radiator Atas, berfungsi sebagai saluran air dari mesin ke radiator
  6. Selang Radiator Bawah, berfungsi sebagai saluran air dari radiator menuju water pam / mesin
  7. Tanki Cadangan ( reservoir tank ), berfungsi sebagai tempat / wadah cadangan air radiator
  8. Water mantel, berfungsi sebagai tempat saluran air yang ada didalam mesin
Prinsip Kerja Sistem pendingin



Air yang ada pada lower tank dihisap water pam yang kemudian dipompakan mengalir ke sistem pendingi ang ada didalam mesin ( water mantel ) kemudian air tersebut bersirkulasi kembali ke atas 
melewati termostat kemudian masuk kedalam upper tank dan terus menerus bersirkulasi.

Nah itulah tutorial mengenai Sistem Pendingin ( Cooling System ).
Semoga tutorial saya ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya.
jangan lupa kunjungi terus Eri Otomotif untuk mendapatkan ilmu otomotif lainnya.

Bilamana ada kata yang kurang mengerti atau ada sedikit masukan dari anda silahkan komen saja di komenatar yang ada dibawah.
TERIMAKASIH
sumber:klik disini

0 komentar:

Posting Komentar